Sabtu, 30 Juli 2016

pengiriman

Mari kita bahas tentang delivery/shipping etc.
Nah.. untuk penjual online seperti saya, jelas mengandalkan jasa kurir untuk.mengirimkan barang2 pesanan.

Awal2 memulai bisnis ini, hanya ada TIKI, JNE dan pos indonesia. TIKI ada dideket rumah, JNE malah ambil di kantor. Pos aja yang jauhan dari rumah/kantor.
Untuk mengirimkan pesanan kaos, handuk, dompet. Tentu mudah, secara ukuran dan berat masih wajar. Masalah mulai terjadi ketika saya mengirimkan bantal. Bantal itu gede tapi enteng.... jadi kena volume lah. Kalau 1 biji aja aman... kalau.lebih dari 2 biji dan diluar jabotabek itu butuh extra paking. Dan bantal cinta.. itu extra packingnya bro 🙈


Dulu saya gak punya vaccum jadi pernah tuh.. kirim ke tenggarong kalimantan.. 3 bantal cinta kena 250rb 😂. Tentunya customer hanya kena 3 kilo saja karena saya salah ngitung, antara salah ngkting dan kepedean. Tapi sejak punya vaccum... teratasi. Pelajaran besaarr
Juga... kalau lagi kirim sovenir bantal gede2.. 30 biji masih bisa sama ojek kesayangan, kalau udah 40 keatas... bingung ngiketnya gimana 😂. Pakai mobil? Bisalah... kalau pake taxi saya harus ikut anter. Kalau pakai mobil sendiri ya harus cari driver karena saya pasti terbata2 cari alamat. Ada gmaps dan waze kan baru 3 tahunan ini yah.  Pernah juga mobil saya kena tilang, siang2 bawa mobil 50pcs, kan kacanya terang, keliatan sama polisi, ditegur karena bukan mobil barang tapi bawa barang sampe nutupin kaca belakang.


Alhamdulillah yaa... sekarang ada banyak pilihan2 kiriman khususnya untuk jabotabek. Ada gosend, grab express, memudahkan saya untuk mengirimkan bedding set atau bantal yg jumlahnya antara 3-10 biji dengan cepat dan harga yang terjangkau.

Kalau untuk sovenir bantal biasanya saya pakai deliveree. Mereka ada pilihan mobil blind van/mobil box, jadi mau sebanyak apapun bantalnya.. aman... soal harga juga relatif terjangkau sebenernya. Cocoklah sama jumlah barang dan tingkat keamanannya. Misal dari rumah saya ke pulogadung, kirim bantal 140biji biayanya sekitar 225rb. Tapi pakingan masih rapih dan pasti nyampe. Sebelum ada ekspedisi khusus seperti ini, kalau kita kirim bantal jumlah banyak, 2 kali antar loh karena takut kejadian ditegur polisi itu. Bolak balik sama tol bensinnya udah berapa ituuu... belum ongkos sopirnya.


Untuk keluar jabotabek, saya memakai pos atau wahana/esl/dakota. Tapi lebih banyak pake wahana sih... soalnya deket rumah. Dan tetep divakum.yaaa
Pernah tuh... karena waktunya mefet, saya pakai jasa cargonya Garuda, sampai dalam waktu 1 hari dan diambil di bandara, gak mahal banget kok..boleh dicoba.

Tapi saya masih punya PR nih... masalah packaging. Belum serius mikirin pakingnya. Semoga kedepannya saya lebih bagus.lagi dalam packaging yah. Aamiin



kika.cutest@gmail.com | sms 081317320363 |whatsapp 081514200107 Instagram @kika.cutest




  







0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda