Sabtu, 26 Januari 2013

Terms & Condition

Salam All,
Sudah lama sebenarnya saya dan mbak Lia ingin sekali membuat suatu peraturan tentang tata cara pemesanan produk-produk KiYutee agar kedua belah pihak (penjual dan pembeli) sama2 sepakat, dan ikhlas saat transaksi jual beli.
Karena sering baca tulisan para penjual yang terkesan, maaf sekali lagi terkesan ya, bukan saya menghakimi penulisnya, seperti mengeluh. Saya urung membuatnya. Karena bagi kami, customer is the King, apapun yang terjadi di balik proses pembuatannya, itu sudah ikut dalam nilai atau harga yang kami berikan kepada customer.
Tetapi, kira2 4 bulan terakhir, dimana order masuk itu luar biasa banyaknya (untuk kami), dan saya tidak tahu sebenarnya, para pembeli2 kami ini tahu produk kami dari mana, karena sudah lama banget gak upload foto di facebook. Pembeli kami dalam 4 bulan terakhir ini seperti rombongan kupu-kupu yang amat banyak, dan tentu saja didalamnya ada yang permintaanya agak2 mancing ketenangan jiwa hehehe... saya berusaha menulis dengan bahasa yang sehalus mungkin.
Akhirnya.. saya memutuskan untuk menulis ini, tujuannya bukan untuk meyulitkan, ini sebagai rambu saja, bahwa kami juga punya idealisme bukan afganisme (itu mah saya... hahahaha)

1. Harga
Kami memiliki price list, harga yang sudah kami patok, itu memiliki pertimbangan pastinya, antara lama pembuatan, desain dsb. Menurut saya, harga kami ini tidak mahal, karena dibuatnya detail, bahkan pemilihan warna untuk masing2 tulisan itu sudah dipikirkan. Bisa diliat, bantal satu dengan bantal lainnya itu berbeda, kecuali sovenir ulang tahun.
Dan ketika sudah dipatok palu harga X, setelah diskusi soal gambar dan bahan, ya itulah yang disepakati. Karena ada beberapa kejadian, ketika barangnya jadi minta ditambah aplikasi lain, kalau memang memintanya begitu pasti dari awal hargaya juga lain.
Untuk harga reseller, kami tidak bisa memberikan pengurangan harga yang banyak, tetapi dari awal sudah saya sampaikan, kami tidak pernah membatasi harga jual kembali asal di range yang wajar.

2. Waktu pembuatan
Produk kami ini dibuat dengan jahitan tangan, tidak bisa cepat, dan mohon maaf, antrian pesanan itu ada. Kalau pemesan mintanya cepat dan buru2, berarti akan menggeser pesanan lain, jika kami masih bisa mengaturnya, akan kami lakukan. Akan tetapi jika tidak bisa, mohon maaf sekali lagi. Pembuatan yang terburu2 itu hasilnya pasti ada yang kurang bagus, percaya deh.

3. Desain
Kami punya ciri khas, simpel dan main warna aman. bisa dilihat pada produk-produk kami. Simple berarti tidak ramai, dan warna ama berarti soft. Jadi kalau ada yang meminta gambar yang menurut kami ramai dan sangat tidak KiYutee, kami tidak bisa membuatkan. Galak ya? bukan.. karena kalau tidak mengerjakan sesuai dengan hati.. hasilnya juga gak akan bagus, betul??

4. Kontak kami
Kami ada nomor dan email yang bisa dihubungi. sebaiknya di Office Hours, agar lebih maksimal. Kalau ada yang kontak pagi2 sekali atau malam2 sekali, kalau pas saya sedang tidak doing something, akan saya balas juga kok. Tapi mohon pengertiannya ya... Kami kalau bbm-an, atau sms-an terus kapan kerjanya hehehe..

Demikian yah para pembeli dan calon pembeli, semoga apa yang kami sampaikan disini tidak membuat jarak, ini sebagai warning aja kok. Kami berdua orangnya manis-manis xixixixixi..



2 komentar:

  1. Setuju Mba Kika.. kadang banyak pembeli yang meminta pesanannya dibuat cepat padahal sebelumnya kita sudah sampaikan kalau pembuatannya memakan waktu.. Semoga kedepannya, para pembeli mengerti akan proses pembuatan barang2 handmade ya Mba..:)

    Salam, Citra

    BalasHapus
  2. manis-manis? ati-ati disemuti loh... qiqiiqiqi

    BalasHapus