Sabtu, 20 Februari 2016

make friends no war

Begini, saya menulis tema friendship ini karena ada suatu kejadian dilingkungan dekat saya, tp bukan sesama crafter sih, persaingan di bidang usaha diantara teman dekat.



Ini foto saya dan wiedya, pasti pada kenal deh siapa dia, dia ini ownernya idekreatifkuhandmade. Sesama crafter, sesama pedagang bantal, sesama pedagang sovenier ulang tahun 😊. Kok bisa foto bareng?? Itu dirumah saya loh pas lebaran. Kok bisa temenan?? Kok gak saingan??

Dari sejak awal saya memulai usaha kiyutee, saya berprinsip bahwa setiap orang punya talenta yang berbeda2, sentuhan hati ada disetiap pekerjaan craft makanya hasilnya tidak akan sama. Dan 1 lagi, rejeki tiap orang sudah ditentukan Allah SWT dijamin gak akan tertukar.

So... apa sikap saya ketika melihat orang lain lebih maju daripada kita, alhamdulillah ikut senang (semoga ini gak akan berubah, amin), trus melihat ada kerjaan orang lain yang laris bangettt padahal *rasanya* kok biasa aja... apa sikap saya? Saya akan melihat baik2 dan membuka hati... apa ya yang membuat dia laris banget, cara berjualannyakah? Atau ada bahan/materialnya yang spesial, atau memang justrus desain seperti itu yang lebih dicari orang? Intinya kita mencari yang baik2 untuk pelajaran kita

Trus ... ada yang jualannya mahal banget padahal material dan lain2 sama aja seperti kita. Nah kita kan gak tau biaya pendukung bisnisnya dia seperti apa??? Misal dia ikut bazar dimana mana, dia banyak ready stok means banyak pegawai yang harus digaji, atau memang biaya marketingnya tinggi.. who knows.. ini masalah idealisme. Kalau prinsip saya.. saya mengambil margin sewajarnya saja, saya juga gak mau eksklusif juga kok, eksklusif dan limited yang membuat temen2 kesulitan dapat barang kami. Yeah this is my personal opinion .
Trus kalau ada yang jual lebih murah dari kita? Apa gak matiin pasaran? .. inshaa Allah rejeki gak tertukar itu sajalah buat pedoman.

So saya merasa nyaman berteman dengan wiedya walaupun dia harusnya jadi pesaing yang harusnya saya waspadai yah 😂😂. No no just kidding. Kita malah sering berbagi info, dimana toko kain yang murah bagus, ekspedisi ke daerah x bagusnya lewat apa, packaging yang bagus itu apa. Dan kadang2 kita sampe berbagi kerjaan. Semoga pertemanan kita langgeng. Amin yra

kiyutee@gmail.com | fanpage facebook : KiYutee | sms 081317320363 (kika) |whatsapp 081514200107 | sms/whatsapp 081585498281(lia) | instagram @kiyutee | twitter @kiyutee | pinterest : kiyutee loves

Tidak ada komentar:

Posting Komentar