Kamis, 31 Desember 2009

Resolusi 2010

Apa resolusimu di 2010, hfff pertanyaan yang sama dibenakku setahun yang lalu. Awalnya kupikir gak terlalu penting menetapkan resolusi, trus aku teringat kata seorang teman di lamongan, "kalau punya usaha sendiri itu, harus punya target, kalau gak gitu gak maju-maju".
Bener juga, kuartikan saja resolusi = target (padahal sebenarnya iya ya wkwkwkwkw).
Berhubung resolusi tahun 2009 adalah tentang usaha sendiri, maka tahun 2010 aku punya 5 keinginan yang besar terhadap kemajuan diriku sendiri, kenapa 5? aku suka banget angka 5, gak tau kenapa, bahkan angka punggungku waktu basket di sma adalah 5 :

1. Jadi Istri yang benar-benar bisa memasak!! nyiapin sarapan, bekal anak, ngatur menu harian yang sehat, bergizi dan variatif
2. Jadi ibu yang baik untuk aliya, ada waktu buat main, nemenin belajar, dan sabarrrr
3. Lebih bisa mengatur waktu lagi, antara bekerja di kantor, kerjaan rumah tangga, dan kerjaan KiYutee
4. Punya tabungan yang cukup untuk DP rumah sendiri ? (kok agak gak yakin yah.. tapi gpp tulis aja :)
5. Harus niat untuk lebih memantapkan lagi soal ibadah, baik wajib maupun sunnah, amien ya robb

Tahun 2010 sudah besok, berarti aku harus memulai semua ini besok yah?, Aku harus siap, demi aku dan keluargaku tercinta.
Selamat tahun baru 2010 semuanya ...... ohya btw kok aku jd gak bisa insert foto disini ya??

Rabu, 30 Desember 2009

Akhir Tahun Yang Penuh Kejutan

Gak kerasa ya, sudah akhir tahun 2009, ayo kita lihat resolusi 2009 apa yang sudah tercapai, awal tahun 2009 aku punya beberapa resolusi :
1. Punya Usaha Sendiri : Yep... punyaaa... alhamdulillah
2. Punya modal yang cukup : yesss ini juga.. kiyutee sudah ada modal yang cukup untuk memulai membuat produk2 baru
3. Hutang-hutang lunas : yah... lumayan lah, tinggal hutang kartu kredit yang belum xixixixixix... (uuppsss)
ada 2 lagi resolusi benernya, tapi aku lupa apa :)
Ohya, sampai dengan akhir desember ini, order masuk kita tembus Rp. 30 juta.. alhamdulillah ya... gak nyangka banget bisa kaya gini, alhamdulillah ya Robb. Mudah2an tahun depan penuh barokah, kami bisa memulai membuat produk baru, dan lebih eksis lagi, amien ya robb.
Ohya, aku akan paksa mb lia untuk isi sendiri blog ini yah, ngisi crita awal mula dia punya usaha sulam dan ketemuan sama aku :)

Senin, 28 Desember 2009

Liburan Vs Kerja

Libur di akhir tahun memang banyak, apalagi tahun ini liburnya hari jumat di 3 minggu terakhir tahun 2009. Pasti aku udah nyiapin banyak rencana dong, mulai dari mbenerin workshop, rapihin pesenan-pesenan, ngrubah denah furniture rumah, liburan.... wah sederet.. setelah dihitung2, gak cukup untuk ngelakuin semua itu, terlebih lagi hutang pesanan sudah banyak, dan komitmen kepuasan pelanggan no 1 harus dipegang.
Sempet sih, pagi beresin rumah, re-decorating dan bersih2 debu, eh di gudang ada mickey mouse 3, hiiiiii.. trus malemnya nyulam, atau nyetak2, atau nempel2, alhamdulillah lagi, kami sudah membagi sulaman ke beberapa pekerja kami (jiaahhh beberapa, 4 maksudnya heheheh). Dan ketika sulama mereka selesai, kami juga sudah siap dengan sulaman yang selanjutnya.
Hasilnya, badanku nge-drop deh sekarang, hikss.. tidak bermaksud mengeluh sih, tapi kita mesti siap charge tambahan ketika pekerjaan sedang padat. Good news lagi, kaos selesai sudah dikirim ke 3 alamat, dan besok bisa mengirim pesanan re-seller kami di malang, alhamdulillah, semua harus dilihat juga sisi positifnya kan :)

Kamis, 24 Desember 2009

Mengatur Pesanan

Semakin banyak pesanan, semakin bingung ngatur urutan pembuatannya. Kalmat tadi bukannya mengeluh, sama sekali bukan, tapi ini benar-benar terjadi dan kukira gak akan pernah terjadi kalau kita bisa ngerjakan pesanan sesuai urutan tanggal pesan.
Waktu pesanan belum terlalu banyak, gak sulit mengatur waktu produksinya. Kebingungan terjadi dikala pemesan menanyakan pesanannya :). Mbak, mukena pesananku udah jadi? mbak, jangan sampe tgl 15 ya mbak. Oh ada lagi, kl ada pesanan goodie bag yang mendadak, kategori mendadak ini hanya 2 minggu sebelum due date. Akibatnya, pesanan yang sifatnya personal, ada yang terpaksa diundurkan jadwalnya.
Setelah cukup sering mengalami hal seperti ini, kami jadi banyak belajar. dari awal punya 2 tenaga sulam lepas, sekarang ini kami sudah memiliki 4 orang tenaga sulam lepas, ada yang kami khususkan untuk menyulam handuk, khusus sulam mukena, sarung dan sajadah, dan juga yang kaos. Ohya ada lagi, kami berharap bisa segera punya tenaga untuk mencetak dan menggunting aplikasi. Hal ini untuk mengantisipasi pesanan yang banyak dan dadakan. Belum re-seller kami, jumlahnya memang belum banyak, tapi boleh kan bersiap untuk hal yang lebih besar lagi.
Apapun itu kondisinya, kita selalu mengambil hikmah, pelajaran dan sisi positif dari semua kejadian. Kesimpulan yang aku dapat :
1. Job desc masing2 harus jelas dan dilaksanakan dengan tertib, jangan ada tumpang tindih
2. Maksimalkan waktu pengerjaan, jika ada produk yang membutuhkan beberapa step (potong, jahit dll), isilah waktu untuk menunggu itu dengan mengerjakan pesanan lain
3. Rajin-rajinlah memeriksa cek list kerjaan, untuk memastikan semuanya on schedule dan sesuai dengan permintaan

Okeh, aku mau lanjut kerja lagi, kapan2 aku posting foto-foto kerja kita
If You can Dream It, You Can Become It

Rabu, 23 Desember 2009

Our Very First Met

Judulnya romantis yah, padahal isinya tentang aku pertama kali ketemu mbak lia jiaahhh.. (lebay deh..)
Bazar pertamaku di salah satu sekolah islam di cinere, aku dapet stand agak pinggirlah, no 2 dr ujung. Masih pagi itu, jd belum banyak yang menata dagangannya, aku agak-agak gak PD benernya, berhubung mukenaku yang siap jual baru satu, dan yang lainnya baru berupa mukena polos. Trus ada mbak-mbak dateng, pake jilbab, pake jaket dan ransel. (aku mikir, kok cuma itu yah bawaannya??), pake acara bingung cari tempat bazaar pula, ternyata aku baru tau kalo tempatnya itu ditempati orang lain, oooooooooooooo
Aku lagi bingung juga, gak pede-lah, trus sendirian-lah, kulihat mbak-mbak itu ngelurain sesuatu dr tasnya, hhmmm kaossss.. lucu dan bagus dan rapih yah... kuberanikan diri untuk melihat lebih dekat, iihh lucu ya mbakk, bagus.... yahhh kenalan deh kita, eh si mbak ngomentarin sulamanku wahahahaha... (dalam hati, iihh makin gak PD nih..). " ini mestinya dikasih lapisan nih, biar rapih, tapi lucu kok :) (makasihhh mbakkk)
sarannya emang top markotop deh, karena aplikasiku tuh emang gak pake lapisan. Sebagai rasa terima kasih, mbak lia aku tawarin pake gantungan bajuku.
Ohya, kita tukeran kartu nama, kasih nomor hape, dan id facebook, gile ya fb ini, bisa bikin banyak temen.
Setelah beberapa lama, kita kontak lagi, dan ketemuan lagi. Nah, kira2 bulan Juni 2009, terciptalah KiYutee, label kita berdua, dan mulai memasarkan produk-produk kita. Semoga lancar ya.. amiennn

Senin, 21 Desember 2009

Suka dan Duka

Punya usaha sendiri itu resiko ditanggung sendiri, kalau dipuji sama customer, alhamdulillah, senengnya luar biasa, puas, alhamdulillah, muka jadi berseri2, langsung update status facebook :). Tapi kalo dapet komplainan, wajah langsung sedih, gak bergairah, putus asa sebentar, gak enak hati. Untungnya, selama ini komplain yang ada itu soal ukuran, bukan desain, alhamdulillah kan, kaosnya kekecilan, karena kita kurang detil tanya, anaknya termasuk gede atau kecil? gemuk atau kurus? ya intinya kita kurang teliti.
Tapi harus tetep semangat dong, show must go on!!, rejeki gak kemana, mesti ganti 5 kaos, ada pesenan baru lagi 4, alhamdulillah, di syukuri aja, pasti ada hikmah dibalik semua ini, Allah sayang sama kita, makanya kita diberi ujian disaat awal-awal seperti ini. Benar begitu ??

Kamis, 17 Desember 2009

Today is my 31rst B'Day


Berkurang lagi usiaku di dunia ini, alhamdulillah juga aku masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan orang2 yang sangat aku cintai, semoga aku bisa menjadi orang yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya, amieeennn
Jam 00.39 sms masuk, eh dr ponakanku Icha, aku emang lagi terbangun karena ketendang anakku hehehe, dasar tidurnya kaya kitiran. Berarti dia yang pertama kali ngucapin selamat ya.. eh bukan ding, ada 2 orang yang duluan ngucapin, kecepetan maksudnya. Hihihi gpp, alhamdulillah, senangnya mereka ini perhatian sama aku :)
Suamiku nih, sampe jam 1 pagi malah belum ngucapin, ck ck ck.. hehe, gpp ayah sayang... Abis subuhan cek facebook, 13 notification.. upppsss , abis dibales.. 16 new notification... aku bersyukur ya Allah, temen2ku ini luar biasa. Tiba-tiba ada suara dik Afgan, waaa ibuku dan mbk kiki telepon... wahh benar2 hari yang menyenangkan.
Sampai kantor adem ayem aja tuh.... gak ada yang ngucapin, nyindir2 dikit ada sehhhh, eh ternyata pada ngerjain.. emang janjian ngucapin selamatnya nanti sorean... ihhh sebelllll :(... tp gpp, ini dia fotonya.. (eitss kuenya aku beli sendiri lohh)

Rabu, 16 Desember 2009

Menghitung Harga Jual Barang

Dear All.... (anyone who's read my blog)
Ini pelajaran besar nih, jangan sampai menentukan harga jual pake itungan ngawang, maksudnya tuh itungannya harus bener2 dihitung detil berdasarkan survei dan obrolan dengan vendor. Kejadiannya gini, di blog kemarin aku udah crita soal pesanan goodie bag tas belacu kan, nah memang sih, kita nentukan harga jual sudah berdasarkan hitungan rang "rasanya gak ngawang", tapi begitu dibikin lebih detil lagi ternyata selisihnya lumayan, alhamdulillah sih masih ada margin, tapi berkurangnya juga lumayan. Penyebabnya al:
1. Kurang cermat ngitung volume, kan kl motong bahan mesti dilebihin dikit buat jahitan kan...
2. Ongkos motong belum diitung
3. Eh ternyata ongkos jahit lebih mahal dari yang diperkirakan, karena cukup rumit masang kancing dan talinya.
Lumayan juga berkurangnya, tapi gpp, ini pelajaran... mudah2an bisa berguna buatku :)

Selasa, 15 Desember 2009

Bikin Brosur


Bikin brosur ????.. hmm awalnya gak kebayang bakal bikin brosur, karena niat awal "hanya" jualan online. Ternyata ada beberapa temen yang menawarkan menjadi re-seller, dan mereka meminta brosur, waduh....aku gak bisa desain grafis, pikirku.
Tapi biarlah, demi kelangsungan hidup kiyutee aku harus berani desain brosur. Kalau soal ms publisher aku bisa-lah dikit2, jadi aku coba pakai itu. Ternyata gak mudah menterjemahkan maksud hati dengan ketikan, jadilah aku dibantu teman untuk finishing touchnya, dan hasilnya gambar diatas tuh... lumayan gak???

Senin, 14 Desember 2009

Proyek Goodie Bag

Kemarin aku sudah deal dengan salah satu customer (well, adik iparku sih :)... tapi harganya beneran kok heheheh). Kita ada pesenan Goodie Bag 70 pcs (alhamdulillah ya..), tas belacu dengan lapisan kain kotin motif. Yang laki2 kainnya motif garis2, yang cewek polkadot. Gambarnya pun macem2, ada dinosaurus yang sangar(buat yang udah SD) sisanya ada pesawat, mobil, kupu2, dan princess. Due Date nya 1 Januari 2010 (45 pcs) dan 15 Jan 2010 (25 pcs). Mmmmmm kuitung2 nih, aku harus ke Tanah Abang tgl 18 desember ini, trus mulai potong2 bahan, urusan desain dan cetak-cetak gambar itu mbak Lia (direktur desain dan kulaitas hahaha..). Mudah2an kerjaan kita bisa on time ya, aku harus segera nyelesaikan pesanan2 sulaman. Chayo!!

Sabtu, 12 Desember 2009

Busy Week




Aku masih kerja sebagai akunting di salah satu perusahaan konstruksi di jakarta, jadi jam 9-5 sore kerja sama orang, setelah itu barulah aku pulang dan mengerjakan kerjaan sulam dirumah. Minggu ini betul2 padat jadwalku, karena mau akhir tahun. Di kantor aku ada tanggung jawab closing laporan keuangan, bikin RKAP tahun 2010, dimana ada 3 divisi di kantorku, jadi marathon meeting critanya, dan yang dibahas angka semua, pusyiiing.. kayanya di mataku nih masih terlihat angka-angka jalan heheheh
Yang sulaman juga fadat, karena satu tukang sulam keluar, jadi aku ikut turun tangan nyulam, kalau udah janji sama orang bakal kirim tanggal sekian, gak berani mundurin kan. Hari kamis kemarin sempet deg2an, selesai gak ya??? karena yang aussie harus jalan, belum lg ada 3 kaos yang sudah dibayar oleh pemesan. Harus jadi!! semangat!!
Akhirnya jumat jam setengah 9 pagi selesai semuanya, dan sudah dipacking rapih (tuh ada fotonya tuh diatas), berhubung udah telat banget, jadinya si mbak-nya Aliya yang aku mintain tolong ke TIKI, yang biasa ya mbak, paling mahal seratus ribulah semuanya (ada berapa alamat ya?? 8 alamat jakarta dan luar jakarta)
Pulang kerja jam setengah 8 (abis miting soalnya), aku lihat resi TIKI hari ini, wadowwww kok mahal.... aduh si bapak gimana sih? kan sudah dibilang biasa (reg) kok jadinya ONS, aduh lemes deh.. yang biasanya 5ribu jadi 14ribu, hiks... sedih bow... tapi gpp deh, mudah2an ada rejeki lain, amiennnnn

Kamis, 10 Desember 2009

Facebook dan Produk



Alhamdulillah, pesanan sulamanku masih mengalir. Kaos sulaman, mukena anak-anak,sarung dan sajadah, handuk. Sejak dimulai di bulan Juni 2009 yang lalu. kiyutee sudah memproduksi 250 buah kaos, uuppss banyak juga ya, alhamdulillah, Allah mempermudah jalan kami. Pesanan Mukena dan sarung sajadah kurang lebih 50 pasang. Dan pesanan sebegitu banyak awalnya dari facebook loh. Aku upload foto-foto kaos dan mukena di albumku, dan tag beberapa teman, dari situlah mulainya banyak pesanan, termasuk 2 kali goodie bag @ 2 lusin kaos. Dan... gara-gara banyaknya pesanan itu pula, aku jadi bisa mudik ke Malang, subhanallah.
Di bulan Desember ini, kami mendapat pesanan 6 kaos dari Australia, awalnya upload foto baru di facebook, tag-tag teman, dan salah satu temanku di Australia (orang indo), memesan untuk keponakannya yang di Indonesia 6 buah, pesanan untuk dikirim ke Australia ada 6 buah, mudah2an ini salah satu jalan kami untuk dikenal di mancanegara. Amieeennn
Fenomena facebook memang dahsyat, upload dalam satu hari itu dan tag2in teman pada hari yang sama, kami mendapat pesanan 52 kaos dan 12 mukena sarung sajadah. Dan 3 hari setelah pesanan yang banyak itu, salah satu tukang sulam kami keluar hahahahaha.. passsss.
Kira-kira 2 minggu setelah upload-an foto itu, kantorku melarang membuka facebook di jam kerja, yaaa gpplah, sambil belajar "tidak menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi" aku buka fb pake hape sendiri yang kubeli dengan uangku sendiri (lebay mode on ;P ).
Ini beberapa foto produk kami, kalo tertarik kasih komen yak (hahaha.. jualan terus..)